paket wisata murah lombok

Saturday, October 4, 2014

Wisata Pura terbesar Di Lombok

Pulau Lombok tidak hanya menawarkan keindahan alamnya, di pulau ini juga terdapat banyak peninggalan sejarah masa kerjaan kerajaan Hindu. Salah satunya adalah Pure Meru, yang merupakan Pura Terbesar di pulau Lombok. Pure Meru terletak di Kota Mataram tepatnya di daerah Cakranegara,. Dimana di daerah cakranegara adalah pusat pemerintahan pada jaman kerajaan dahulu. 

Pure Meru sendiri memiliki arsitektur yang sangat Unik, sesuai dengan namanya Meru  yang berarti bertingkat, sangat menonjol terlihat dari jalan karena tingakatannya yang tinggi bersusun atap hitam dari bahan ijuk.Tidak bedanya dengan pura pura lainnya, pura Meru merupakan tempat suci peribadatan umat Hindu yang memiliki bagian bagian 

Bagian pertama yang paling suci di sebut Utama Mandala yang. di dalamnya terdiri dari 33 Sanggah, yang mana ke 33 itu merupakan symbol desa yang ikut dalam mendirikan pura ini bersama Raja Kerajaan Karang Asem pada saat itu yaitu Anak Agung Made Karang Asem. Dimana Meru ini terdiri dari tiga meru yang mempunyai jumlah yang berbeda, Meru yang di tengah memiliki 11 tingkat, sedangkan dua lainnya memiliki 9 tingkat, yang melambangkan Dewa Dewa dalam ajaran agama Hindu. Pengunjung juga akan menemui dua gazebo, yang satu memiliki empat tiang yang khusus di gunakan oleh pendeta hindu, dan gazebo delapan tiang yang khusus di gunakan sebagai tempat sesajen. Sedangkan di bagian tengah di sebut Madya Mandala yang bersisi dua gazebo bertiang empat yang di pakai sebagai tempat bermusyawarah. Kemudian di bagian depan Pura ini di sebut Nista Mandala, merupakan halaman kosong yang biasanya di gunakan untuk menggelar berbagai kesenian dalam setiap upacara upacara.

No comments:

Post a Comment