Sunday, October 5, 2014

Wisata Tradisional Suku asli Sasak desa Sade Lombok

Berwisata dengan suasana lampau dapat juga kita temukan di pulau Lombok, salah satunya adalah di desa Sade yang terletak di daerah pujut kabupaten Lombok Tengah. Dengan luas area sekitar 5 hektar memungkinkan pengunjung menikmati semua keunikan di dalamnya.

Mulai dari bentuk bangunannya yang masih asli dari awal suku sasak ini di Lombok berupa tembok dari bambo dengan atap ijuk. Dan yang paling unik adalah lantai bangunannya yang secara berkala di lumuri dengan kotoran kerbau, dan anehnya kotoran tersebut tidak meninggalkan bau dan berfungsi mengusir nyamuk dan membuat rumah menjadi lebih hangat. Bangunan asli desa ini terdapat tiga jenis bangunan. Yang pertama di sebut rumah adat tani, merupakan rumah adat desa sade yang terdiri dari lantai satu yang hanya berisi tempat tidur  dan sebuah almari sederhana, sedangkan lantai kedua untuk dapur dan juga sebagai tempat melakukan persalinan.Bangunan kedua di sebut rumah Lumbung yang di pakai untuk menyimpan padi hasil panen. Dan rumah adat ketiga yang bentuknya paling kecildi sebut rumah adat Kodong yang biasanya di gunakan bagi pengantin baru dan anak kecil dan manula,

Keunikan lainnya di desa ini juga dari kebiasaan atau adat penduduknya, yaitu adat bagi para wanita yang di perbolehkan menikah jika wanita tersebut sudah bisa menenun. Karena kegiatan menenun adalah kegiatan Utama penduduk di sini khusunya wanita, sebagai mata pencaharian mereka dan sekaligus menjadi daya tarik wisatawan mengenai daerah ini sebagai pengahsil tenunan songket yang masih di buat dengan manual, mulai dari pemintalan kapas menjadi benang, pewarnaan benang, sampai proses penenunan. Dan tenunannyapun memiliki cirri tersendiri yang sangat khas, dan tidak dapat kita dapatkan di tempat lain selain di diesa Sade ini.

Untuk memudahkan anda ke desa ini silahkan hubungi kami Lombok Tour Plus di nomor 0370-7027587

No comments:

Post a Comment